Type Here to Get Search Results !

Rangkaian Inovasi Detak Detik, Gagasan, Implementasi sampai dengan hasil, Kepala Dinas DUKCAPIL sampaikan di Proper PKN 2

0

Batulicin-Sejak dilunching September 2022 Inovasi Detak Detik (Desa Tertib Administrasi Kependudukan dengan Teknologi Informasi Komunikasi) sudah merambah ke beberapa desa/kelurahan di kecamatan kabupaten Tanah Bumbu yang awalnya hanya 5 desa sebagai Pilot Project untuk inovasi tersebut.

Hal ini dikarenakan animo masyarakat serta perangkat desa yang tinggi untuk bisa mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan yang mudah, efektif dan efesien dari tenaga serta waktu.

Inovasi ini diharapakan mampu menjawab semua keinginan masyarakat terkait mudahnya pelayanan administrasi kependudukan, yang mana masyarakat cukup membawa syarat dan persyaratan penerbitan dokumen kependudukannya ke desa/kelurahan masing-masing dimana berdomisili kemudian petugas desa/kelurahan akan menscan dan meupload berkas permohonan tersebut melalui aplikasi Detak Detik, masyarakat tidak perlu ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil hanya menunggu dirumah dan beraktivitas seperti biasanya.

Pada penerpannya, sekarang sudah 70 % desa/kelurahan menggunakan layanan inovasi detak detik di setiap kecamatan kabupaten Tanah Bumbu, yakin desa/keluarhan di kecamatan Karang Bintang, kecamatan Mantewe, kecamatan Angsana, kecamatan Kuranji, kecamatan Sungai Loban, kecamatan Kusan Hulu, kecamatan Kusan Tengah dan kecamatan Teluk Kepayang serta 5 desa sebagai Pilot Project.

Desa/kelurahan saat ini pun sudah mengeluarkan himbawan kepada masyarakatnya agar kepengurusan dokumen kependudukan cukup didesa saja, dengan pamflet dan media elektronik lainnya.

Sejak diluncurkan September s/d Desember 2022 sudah ada 800 lebih permohonan penerbitan dokumen kependudukan yang diajukan oleh operator Desa/Kelurahan, hal ini membuktikan masyarakat antusias pada inovasi-inovasi pelayanan dalam rangka memudahkan pelayanan bagi masyarakat khususnya inovasi Detak Detik ini.

Rangkaian kegiatan ini lah yang disajikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gento Hariyadi, S.P,. M.M dalam Proyek Perubahan PKN 2 di Banjarbaru Kalimantan Selatan Angakatan XXVII.



Diharpakan agar Inovasi Detak Detik bisa berlanjut dan memudahkan masyarakat dalam pelayanan serta bisa di Implementasikan keseluruh Desa/Keluarahan se Kabupaten Tanah Bumbu.

Posting Komentar

0 Komentar